RPP TIK

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA)

A. Latar Belakang

Memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan pada bidang rekayasa material mikroelektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung kepada teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut.

Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktikkan dan dikuasai peserta didik sedini mungkin agar mereka memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil-hasil teknologi informasi dan komunikasi banyak membantu manusia untuk dapat belajar secara cepat. Dengan demikian selain sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan untuk merevitalisasi proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja.

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada jenjang SMA/MA mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, mengolah dan mengkomunikasikan informasi. Mata pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah diperoleh pada jenjang SMP/MTs, sekaligus sebagai bekal bagi peserta didik untuk beradaptasi dengan dunia kerja dan perkembangan dunia termasuk pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.

B. Tujuan

Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

- Memahami teknologi informasi dan komunikasi

- Mengembangkan keterampilan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi

- Mengembangkan sikap kritis, kreatif, apresiatif dan mandiri dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

- Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup mata pelajaran Teknologi informasi dan komunikasi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.

- Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi. Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Melakukan operasi dasar komputer

1.1 Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur

1.2 Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)

Mendemonstrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

3. Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

3.1 Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi

3.2 Menerapkan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi Informasi dan komunikasi

3.3 Menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi

Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

4. Menggunakan Operating System (OS) komputer

4.1 Melakukan operasi dasar pada operating system (OS) komputer

4.2 Melakukan setting peripheral pada operating system (OS) komputer

4.3. Melakukan manajemen file

Menggunakan perangkat lunak pengolah kata

Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah kata

Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet

1.2 Mendeskripsikan cara akses Internet

1.3 Mempraktikkan akses Internet

1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak informasi

1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi


Kelas XI, Semester 2


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

Mengolah dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram untuk menghasilkan informasi


Kelas XII, Semester 1


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran

Kelas XII, Semester 2


Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

2. Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi

Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi

Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran.