TES FORMATIF`

1. Sebuah gaya 25 N bekerja pada sebuah benda dalam selang waktu 0,2 sekon. Hitunglah impuls yang dikerjakan gaya tersebut pada benda!
2. Sebuah bola massanya 50 gram dilempar dengan kecepatan 10 m/s, kemudian dipukul dengan gaya F hingga kecepatannya 20 m/s berlawanan arah dengan kecepatan semula. Hitunglah impuls yang dikerjakan oleh gaya tersebut!
Jika besarnya gaya F = 150 N, berapa lama pemukul menyentuh bola?
3. Sebuah benda massa 3 kg diberi gaya kontan 12 N sehingga kecepatannya betambah dari 10m/s menjadi 18m/s. Hitunglah Impuls yang bekerja pada benda, dan waktu yang diperlukan!
4. Sebuah benda massa 4 kg bergerak dengan kecepatan 20 m/s dihentikan oleh suatu gaya konstan 50 N dalam selang waktu ∆t. Hitunglah: Impuls gaya dan selang waktu gaya bekerja(∆t)!
5. Sebuah truk massanya 1000kg melaju dengan kecepatan 72 km/jam, kemudian menabrak sebuah pohon dan berhenti setelah 0,1 sekon. Berapa besar gaya rata-rata selama berlangsungnya tabrakan tersebut ?
6. Sebuah bola bermassa 0,2 kg dalam keadaan diam, kemudian dipukul sehingga bola meluncur dengan laju 100 ms-1 dan pemukul menyentuh bola selama 0,1 detik. Berapakah besar gaya pemukul yang mengenai bola ?
7. Suatu benda bermassa 2 kg yang sedang bergarak, lajunya bertambah dari 1 m/s menjadi 5 m/s dalam waktu 2 detik. Bila pada benda tersebut bereaksi gaya yang searah dengan arah gerak benda. Hitunglah besar gaya tersebut !
8. Dengan impuls yang sama, Anda menendang sebuah bola sepak dan sebauah bongkahan batu. Mengapa kaki Anda tidak terasa sakit saat menendang bola, tetapi terasa sakit ketika menendang bongkahan batu ? Jelaskan !
9. Sebuah bola bermassa 100 gram dijatuhkan dari ketinggian h1 = 1,8 meter di atas lantai. Setelah menumbuk lantai, bola memantul setinggi h2 = 1,25 m.
a. Hitung momentum sudut bola sesaat sebelum dan sesudah menumbuk lantai.
b. Hitung impuls yang dikaerjakan lantai pada bola.
10. Sebuah bola pada permainan softball bermassa 0,15 kg dilempar mendatar ke kanan dengan kelajuan 20 m/s. Setelah dipukul, bola bergerak ke kiri dengan kelajuan 20 m/s.
.a. Berapa impuls yang diberikan oleh kayu pemukul pada bola ?
b. Jika kayu dan pemukul bersentuhan selama 0,80 m/s, berapa gaya rata-rata yang diberikan kayu pemukul pada bola ?
c. Hitung percepatan rata-rata bola selama bersentuhan dengan kayu pemukul ?